The Art of Selling – part 2

Setelah beres dengan urusan USP..  waktunya untuk merancang strategi pemasaran dan penjualan.

Siklus penjualan tuh seperti ini: Mencari prospek -> pertemuan, menjalin hubungan baik  (kepercayaan) -> menentukan kebutuhan -> presentasi -> penjualan -> layanan lanjutan (penanganan keluhan). *

Kita harus memiliki prospek dulu, calon pembeli produk kita, yang nantinya menjadi pelanggan kita.  Cara mendapatkan prospek gimana? melalui promosi iklan.  Seperti memasang iklan berbayar (koran, majalah, portal, radio).  Dari iklan tersebut, kita mendapatkan orang2 yang tertarik dengan iklan kita, dari sana kita bisa melakukan follow up untuk presentasi dan menjual.  Promosi banyak banget caranya, dari yang berbayar sampai yang gratisan. Mana yang paling efektif?.. jawabannya sangat bergantung pada produk kita dan target marketnya.  Tidak ada satu teori yang langsung tepat, beberapa pakar menyarankan untuk selalu melakukan TEST & MEASUREMENT.  Coba lalu hitung efektivitas iklan kita. Biaya iklan dibagi dengan leads yang masuk dan nilai transaksinya.

Engga ada jg yg jamin kalau misalnya kompetitor kita iklan di koran A berhasil menjaring pelanggan baru sangat banyak, ketika giliran kita iklan akan mendapatkan hasil yang sama.  Selain harus pinter2 milih medianya, konten dari iklan juga sangat mempengaruhi.  Kata2 yang menjual, berikan penawaran menarik, ada ajakan ke si pembaca iklan untuk langsung bertindak serta beri batas waktu.  Misalnya nih: kunjungi butik kami, diskon 50% plus gratis ta’jil selama 10 hari.  Hanya sepuluh hari! buruan!..  Selain ‘ memaksa’ leads’ untuk segera mengambil keputusan membeli, juga mempermudah kita menghitung efektivitas iklan kita.

Perlu dipahami tujuan utama dari iklan adalah menjaring sebanyak-banyaknya calon pelanggan baru.  iklan membuat orang tertarik dengan produk kita, sales membuat orang membelinya alias closing.

*sumber: coach Teguh @teguhhydro

About permatasuri

Dreamer, lovely wife, great bussiness women (will be!). Love to read and write, also organization activist. Travelling, Food lover, sometimes cooking. Insterested in craft, sewing, kniting. Marriege with Iman Sulaeman, a lovely guys, handsome and of course my angel.
This entry was posted in gado-gado, My biz and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s