Indahnya keberagaman

Semalem kita semua  – umat muslim di Indonesia – berdebar-debar nungguin hasil sidan istbat yang udah macam drama queen.  Kecuali umat Muhammadiyah dan NU yang para Ulil Amri-nya sudah membuat ketetapan.

Gw pribadi, yang sejaka kakek buyut warga Muhammadiyah udah nentuin sikap untuk melaksanakan sholat Id tgl 30 agustus.  Tapi tahun ini gw lebaran ke rumah suami di serang, jadi gw harus ikutin gimana kata kepala keluarga aka suami, begitu titah nyokap gw.

Ibu: “De, kami keluarga di depok lebaran besok sesuai dengan Muhammadiyah.  Kamu, turutin kata suamimu, jangan keras, InsyaAllah menjadi ibadah bagi seorang istri”.  Gitu pesennya, gw cuman bias ngangguk2 ajalah.. ya betul juga sih, sebagai istri gw kudu, harus, wajib ngikutin kata imam gw.

Setelah sidang isbat, mentri agama menetapkan lebaran tgl 31 Agustus dan mengizinkan warga Muhammadiyah untuk sholat Id duluan yaitu tgl 30 Agustus.  Keluarga semua mulai terpecah, ada yang meragukan keputusan pemerintah tapi tetep ga’ yakin untuk lebaran duluan.  Gw sempet kasih pendapat: kalau memang mau lebaran besok, kita cari mesjid untuk sholat id besok.  Jangan sampe kita ga’ puasa tp ga’ sholat id juga.  Gw sempet browsing di webnya Muhammadiyah utk cari info sholat id di Serang.  Ada di daerah Kaujon, yang ternyata emang tempat asalnya bapak.  Kata bapak sih keluarganya memang banyak yg Muhammadiyah.  Sayangnya kami ga’ nemuin satu mesjid pun yg melakukan takbir, walaupun itu mesjid Muhammadiyah.. mungkin atas nama menghormati keputusan mentri agama, mereka bertakbir tanpa speaker..

Sudah larut malam tapi belum ada keputusan lebaran kapan, gw mulai pasrah.. meyakinkan diri untuk berpuasa esok hari, meyakinkan diri bahwa esok bukan hari tasrik..

—————————————-

 Jam biologis tubuh gw udah berubah, tanpa alarm jam 3 pagi gw kebangun.  Bangunin suami, tapi dia nolak sahur.  Besok kita lebaran udah ga’ usah sahur, gitu katanya.. gw tetep bangun untuk sholat malam, Alhamdulillah bsok jadi lebaran, bsok memang hari kemenangan..

Jam 6 pagi lewat dikit, gw dah siap untuk nyari mesjid penyelenggara sholat id bareng suami, tiba2 bapak sama ibu minta ditungguin.  Ibu: “tunggu yah Ri, ibu ikut aja deh nemenin kalian cari mesjid, kasian kalo nyasar2.  Iman mah udah lama ga’ di serang, jadi ga’ tau jalan”.  Alhamdulillah satu lagi kemudahan😀

Diperjalanan makin semangat karena ketemu banyak yg terlihat seperti lagi nyari mesjid untuk sholat id juga.. yippiey.. Alhamdulillah ga’ pake nyasar2, ngikutin rombongan yang bennar langsung sampe di mesjidnya.  Ketika nyari parkir:

Ibu: “Ibu ga’ ikut sholat yaa, lagian ga’ bawa mukena.. niatnya cuma nganterin kalian kann..”

Iman: “Urie ada kok mukena satu lagi, tuh di dashboard selalu nyimpen kan.”

Bapak: “ya udah pake ajah, bapak juga mau sholat id sekarang nih..”

Gw: nyodorin mukena dengan bimbang… #galau #eeaaa

Subhanallah.. seru banget yaa.. indahnya keberagaman dan kebersamaan.. akhirnya ga’ hanya gw yg bisa sholat id hari ini, tapi juga bapak, ibu dan suamiku tercinta.

Ya Allah ya Rab, yang maha pengasih dan penyayang.. Hanya kepadaMu kami berdoa, semoga Engkau menerima puasa kami, sholat kami dan ibadah kami… aamiin..

About permatasuri

Dreamer, lovely wife, great bussiness women (will be!). Love to read and write, also organization activist. Travelling, Food lover, sometimes cooking. Insterested in craft, sewing, kniting. Marriege with Iman Sulaeman, a lovely guys, handsome and of course my angel.
This entry was posted in gado-gado, My Fam and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s