Building Business Model

judulnya berat ya?… hahahah emang berat mikirin bisnis mah.. ini tuh sebenernya PR KMB gw, kalau kata mentor gw sih: home fun – yg sumpah engga pernah bisa fun.. wkkwkwkwkkk.. waduh jd inget gw belum cerita disini tentang KMB yaa… next time deh yaaa…. lagi kepepet ngelarin si homefun tea…ūüėÄ

silakan temen2 search: building business model, ada beberapa literatur yang menjelaskan makhluk apakah dia.. dan kebanyakan versi english yaaa x_x¬†pak Muhaimin Iqbal (www.geraidinar.com) dengan baik hati ngejelasin dalam bahasa kita tentang si bisnis model ini…

bisnis model ini sangat berguna bagi kita pebisnis pemula, metode ini mempermudah kita memvisualisasikan, memahami dan langsung mengimplementasikannya..

kita andaikan membangun bisnis seperti membangun sebuah gedung, yang utama dari pembangunan gedung adalah kekuatan pondasi. ¬†nah, metode ini menggambarkan dengan jelas hal2 apa saja yang merupakan pondasi bisnis kita. ¬†apapun bisnisnya…

Yang disebut business model adalah pendekatan rasional¬†tentang bagaimana¬†sebuah institusi usaha membuat (create), menyampaikan (deliver) dan mengambil atau menangkap (capture) sesuatu yang memiliki nilai (value).¬†Business Model¬†adalah¬†tentang bagaimana, bukan¬†tentang apa. Benda (apa) yang sama bisa melahirkan peluang yang berbeda bila di¬†create ‚Äď deliver¬†dan¬†capture¬†dengan cara (bagaimana) yang berbeda.

Business Model ini terbangun atas sembilan batu bata (building blocks) yang satu sama lain saling memperkokoh membentuk bangunan usaha Anda. Sembilan building blocks ini adalah sebagai berikut :

1.     Customer Segments (CS) : yaitu siapa yang akan Anda layani dengan produk barang atau jasa Anda.

2.     Value Propositions (VP) : apa yang Anda tawarkan untuk CS Anda, Apa masalah mereka yang Anda atasi atau apa kebutuhan mereka yang Anda penuhi.

3.     Channels (CH) : bagaimana VP di nomor 2 tersebut Anda sampaikan ke CS di no 1.  Bagaimana dikomunikasikan, didistribusikan dan melalui saluran apa.

4.     Customer Relationship (CR) : bagaimana institusi usaha Anda terus dapat berhubungan dengan CS Anda.

5.     Revenue Stream (R$) : atas VP yang berhasil Anda deliver ke CS, hasil apa yang Anda peroleh.

6.     Key Resources (KR) : adalah assets yang Anda perlukan untuk dapat menghasilkan VP yang Anda deliver ke CS dan untuk ini Anda mendapatkan R$.

7.     Key Activitues (KA) : adalah perbuatan atau tindakan apa yang Anda lakukan untuk dapat menghasilkan VP yang Anda deliver ke CS dan untuk ini Anda mendapatkan R$.

8.¬†¬†¬†¬†¬†Key Partnership (KP)¬†: tidak semua KR harus Anda miliki sendiri, tidak juga semua KA harus Anda lakukan sendiri ; bila harus ada yang dimiliki atau dilakukan oleh orang lain ‚Äď siapa-siapa mereka ini ?.

9.     Cost Structure (C$) : adalah biaya-biaya yang harus Anda keluarkan untuk dapat menghasilkan VP yang Anda deliver ke CS dan untuk ini Anda mendapatkan R$.

9 batu bata pondasi bisnis ^,^

kita tinggal mengisi kesembilan blocks inih…

bata ditengah Value Proposition (VP) inilah yang utama dari bisnis kita.. apa yg kita tawarkan kepada customer segment (CS) kita?… 3 bata disebelah kanan VP merupakan bata2 yg berhubungan dengan customer.. 3 bata disebelah kiri VP merupakan kegiatan untuk mengahasilkan barang/jasa dalam bisnis kita. ¬†2 bata paling dasar adalah pendapatan dan pengeluaran. ¬†untuk mendapatkan cashflow positif, kita harus mengisi sebanyak-banyaknya kemungkinan pendapatan dari 1 bisnis. ¬†contohnya klinik yaa.. tidak hanya jasa dokter, apotek, kantin, penyewaan ambulan, layanan suster ke rumah dan lainnya. ¬†makin rinci mengisi setiap bata makin baik. ¬†kita jadi lebih mudah melihat peluang2 dalam 1 bisnis yang kita geluti. ¬†cara yang sama untuk mengisi cost structure, harus sangat detail, sehingga kita tidak kebobolan dengan biaya2 yang kecil2…

hayuk temans lanjut mengisinya…

About permatasuri

Dreamer, lovely wife, great bussiness women (will be!). Love to read and write, also organization activist. Travelling, Food lover, sometimes cooking. Insterested in craft, sewing, kniting. Marriege with Iman Sulaeman, a lovely guys, handsome and of course my angel.
This entry was posted in My biz and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Building Business Model

  1. Pingback: Produsen produk fashion ~ RiLae Clothing | permatasuri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s