Tips mengelola toko online twitter @kiosdelima – #tipskd #wirabusaha

Praktik kultwit dengan hootsuite masih belum berhasil ternyata.. karena keluarnya tuit tuit ituh berantakan alias ga urut… ngebingungin pembacanya…. T_T

Sharing @Kiosdelima rabu lalu ituh mengelola toko online.. sekarang ini banyak banget pemainnya.. kami sharing beberapa tips yang mungkin bisa membantu teman2 untuk mengembangkan toko onlinenya… dengan tagar #tipskd #wirabusaha

1. Menggunakan gambar dari internet untuk promosi produk

  • Strategi ini kurang tepat, krn gambar yg digunakan sdh pasaran & tdk menunjukan kualitas asli produk
  • Sebaiknya pasang foto asli & tambahkan watermark atau logo pd foto

2. Tidak mcantumkan kontak person dgn lengkp

  • Konsumen memiliki sifat ingin berkomunikasi maka lengkapi alamat dgn email, ym, no telf & pin bb
  • Hal ini jg meningkatkan kepercayaan konsumen online yg tdk bertemu muka layaknya belanja offline

3. Tidak memberikan deskripsi produk secara lengkap

  • Terkadang hal ini sengaja dilakukan olh owner agar menarik minar pelanggan menghubungi langsung. Namun, pd kenyataannya byk konsumen yg urung membeli krn hal tersebut.
  • Terutama informasi yg terkait dgn spesifikasi produk, tulis dgn detail & rinci

4. Respon pedagang yg terlalu lama

  • Tdk ada konsumen yang suka bila hrs menunggu respon terlalu
  • Sebisa mungkin siapkan waktu utk merespon pelanggan secepatnya
  • Berikan informasi jam buka toko online dgn jelas sehingga ada panduan bagi konsumen jika ingin berhubungan langsung

5. Tidak melengkapi penawarannya dgn petunjuk pembelian

  • Hal ini agar konsumen tdk bingung ketika hendak memesan
  • Sebaiknya lengkapi informasi penawaran dgn urutan petunjuk pembelian
  • Misalnya: mengisi keranjang belanja, ke 2 mentransfer pembayaran & ke 3 melakukan konfirmasi melalui sms

6.  Hanya menggunakan 1 rekening bank utk melayani transaksi

  • Rekening bank merupakan modal utama bagi owner utk memperlancar jalannya usaha
  • Jangan sampai tdk jd belanja krn konsumen tdk punya rek x, krn qta hanya memiliki rek y
  • Minimal miliki 2 rekening bank – pemerinta & swasta utk mempermudah transaksi pembayaran

7. Proses pengiriman barang yg sering terlambat

  • Kepastian pengiriman barang adlh penting, krn lambatnya pengiriman barang bisa mengurangi kepercayaan konsumen
  • Segera konfirmasikan no resi pengiriman atau sekedar info bahwa barang sdh dikirim m’gunakan jasa kurir x
  • Komunikasi adalah segalanya dlm pengelolaan toko online

8. Berani bersaing harga namun tidak memperhatikan kualitas produk

  • Byk konsumen yg mengeluh krn harga murah namun kualitasnya kurang maksimal
  • Hal ini dpt memperburuk citra baik toko online kita
  • Tidak hanya cantik digambar/foto produk kita jg hrs betul2 cantik atau lebih cantik dr fotonya

9. Loading website yang sangat lambat

  • Dengan keterbatasan bandwith serta sinyal internet yg sering putus – sambung, pengunjung tdk menyukai situs yg berat
  • Konsumen akan berpaling ke website yg bisa diakses dgn cepat

10. Kurang up to date

  • Menjalankan bisnis di internet tdk sebatas membuatnya lantas membiarkannya tanpa aktivitas apapun
  • Website hrs rajin di-update serta dipromosikan bisa melalui forum, milis maupun socmed

11. Menggunakan website gratis, sebaiknya gunakan yg berbayar

  • Sehingga bisa menggunakan nama toko online kita sendiri
  • Hal ini dpt menigkatkan kepercayaan konsumen krn menunjukan profesionalitas kita
  • Terutama bg kamu yg menawarkan jasa, keagenan ataupun BO. Logikanya jika utk belanja jangka panjang, qta pasti memilih belanja di toko dibandingkan di lapak kan?

Nah, sekian dulu sharing mengenai hal2 yg seringkali lalai dilakukan pelaku bisnis online.  Kini saatnya kita menghindari kesalahan2 diatas & berikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Konsumen senang bisnis kita pun berkembang ^_^

Tips tadi diolah dr berbagai sumber termasuk pengalaman pribadi & sobat.

Sebagian catatan diatas juga masih merupakan PR buat kami..

About permatasuri

Dreamer, lovely wife, great bussiness women (will be!). Love to read and write, also organization activist. Travelling, Food lover, sometimes cooking. Insterested in craft, sewing, kniting. Marriege with Iman Sulaeman, a lovely guys, handsome and of course my angel.
This entry was posted in My biz and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s