Pengurusan SIUP

Minggu lalu gw ngurus SIUP & TDP untuk Kios Delima.  Berikut ini gw sharing tahapan pengurusannya ya.. supaya InsyaAllah temen2 ga ‘terjebak’ bolak-balik ga jelas gegara birokrasi kita yg.. ehmmm begitulah.. hihihiii

etapi tau kan klo depok ituh pernah berada diperingkat paling buruk dalam urusan birokasi? terutama urusan ktp & perizinan.. nih linknya supaya gw ga disangka bergosip.. #eeaa… birokrasi berantakan, depok kota terkorup gw pun pernah baca tuh spanduk yg didepan kantor walikota..

udah ya segitu aja pembukaannya.. lanjut ke kisah gw ngurusin SIUP & TDP… pertama gw minta surat pengantar keterangan usaha dari RT – RW – Kelurahan – Kecamatan.. di kelurahan & kecamatan habis duit sekitar 200rb, krn masing2 minta ‘jatah’ administrasi 100rb.. sayangnya emang ga tertera tarif yang seharusnya dibayarkan itu berapa?..

gw lanjut ke kantor walikota, di gedung BPPT – Badan Pelayanan Perijinan Terpadu.. gedungnya berada didalam area kantor walikota tapi dibelakangnya.. nyebrang kali.. gedungnya bagus banget kok bisa tergolong mewahlah..

nah disini lebih ga jelas lagi..

pertama kita menuju loket informasi, disini mereka memberikan form untuk diisi.  salah satu formnya beriisi surat pernyataan tidak keberatan dari lingkungan.  karena usaha gw dirumah jd gw pulang lagi minta tetangga memberi tanda tangannya bahwa mereka ga keberatan ada kegiatan usaha dirumah gw.. bermaterai.. setelah dari tetangga – RT – RW lampirannya cukup banyak:

  1. foto copy KTP
  2. foto copy sertifikat tanah
  3. foto copy imb
  4. SKU
  5. PBB – lunas
  6. amdal, upl atau ukl => jika usaha mempunyai potensi menimbulkan pencemaran lingkungan.

point nomer 6 ini yang aneh… jelas aja gw belum punya amdal, upl ataupun ukl.. kebayang ga sih untuk usaha jahit menjahit skala mikro rumahan dengan 3 biji mesin jahit.. seberapa besar sampah usaha gw berdampak pada lingkungan?.. palingan cuma perca kaen plus guntingan benang… perca-nya pun udah minimal banget secara dipake lagi untuk aplikasi perca baik di baju maupun tasnya.. kalo mesti memenuhi persyaratan itu, artinya harus menggunakan jasa pihak ketiga.. berapa biaya ya?.. sempet berdebat dengan petugas loket.. kemudian salah seorang dari mereka bilang: ya udah gini aja bu.. masukin aja dulu berkasnya.. temen saya ini mau bantu ibu… karena kalo tidak dipenuhi akibatnya bisa dipenjara atau denda sampe jutaan…

gw ga suka dengan kata: MAU BANTU!

maksudnya gw mesti ngeluarin biaya untuk pihak ketiga atau ngasi uang siluman?.. sogok?.. dosanya bos! ckckckckckckckckkk…

setelah diskusi ma temen yg udah pernah ngurus siup, akhirnya gw tarik semua berkas & form.. ga jd gw masukin..

Gw kan ada toko di detos, jadi siup-nya dr SKU atau domisili di detos ajah.. karena bentuknya toko jadi usaha dagang… ga perlu segala macem amdal yang ga jelas ituh..

About permatasuri

Dreamer, lovely wife, great bussiness women (will be!). Love to read and write, also organization activist. Travelling, Food lover, sometimes cooking. Insterested in craft, sewing, kniting. Marriege with Iman Sulaeman, a lovely guys, handsome and of course my angel.
This entry was posted in gado-gado, My biz and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Pengurusan SIUP

  1. Hehehee ribet juga ternyata ya Mak Sur, maju terus dah pantang mundur…

  2. Abu Jalal says:

    wah… mantep pengalamannya

  3. Pingback: Legalitas UKM dan Birokrasi, bikin baper. – Permata Suri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s