Gathering KMB Nasional 2012

Tulisan ini udah lama mengendap di folder draft.. engga kelar2 nulisnya terus lupa!.. hehehe… yasudahlah qta posting saja seada-adanya.. kalau banyak yg terlewat mohon dimaafkeun ^^

===================================

Kamis, 30 Agustus 2012 di Pondok Putri Duyung Ancol.

Awalnya gw rada males ikutan, apalagi malam harinya baca email klo guess starnya – sandiaga uno – batal hadir. tapi udah tanggung daftar, dan mas yayan mau jemput gw dari margonda, meluncurlah gw bersama geng depok ke Ancol.

Judulnya Gathering KMB Nasional sekaligus halal bi halal.  Iyah karena nasional jadi banyak sekali teman2 yg berasal dari luar Jakarta, bahkan luar jawa.  Hebat!

Agenda dari pagi – sebelum makan siang adalah perkenalan, halal bi halal.  Gw masih terheran-heran, dari mana temen2 hebat ini mendapatkan semangat?!.. ada yang jauh2 dari pekan baru ke Jakarta untuk mentoring, dari samarinda ke surabaya, dari Surabaya ke Bekasi.. bahkan rekan2 di Bali, medatangkan mentor dari tangerang.. wow!… harus jadi contoh nih, gw yg hanya perlu meluncur ke Margonda kadang telat dateng KMB *malu* Resolusi kedepan: Dateng tepat waktu, ngerjain tugas sepenuh hati!..😀

Sungguh disayangkan pak mentor gw ga bisa hadir, jadilah gw plus mba anis celikungan nyari mentor.  Mas yayan yg mestinya 1 kmb sama gw, dengan “tega”nya ninggalin gw + mba anis, dan nyelusup ke geng properti #eh *piss mas* jadilah gw + mba anis mentee tanpa mentor.. hhahahahahhaaa…

Makin siang makin panas dan makin seru…

Semua mentor level 1 – omset min. 5M/thn – sharing how to grow their biz.. keren..

beberapa hal yg gw tangkep:

  1. Merk.  Carilah nama yang baik, bersifat global, mudah dilafalkan.  Segera buat hak paten atas merk tersebut.
  2. Pentingnya dokumentasi, tidak hanya jelas dan ada tetapi juga harus aksesable.
  3. Banyak raksasa retailer yang saat ini sudah ‘mengambil’ jatah ‘roti’ UKM, bahkan bbrp dari mereka adalah perusahaan dari luar negeri.  Sebagai UKM harus bisa menentukan STP dengan jelas.  Hindari STP yg persis sama dengan mereka.. change or die!
  4. Diferensiasi & Unik.  Kedua hal ini harus terus dikembangkan.  Atau kita akan terjerumus kedalam perang harga.  ga seru pastinya..
  5. Buku wajib baca dr pak Roni: Goot to be Great.. ada jurus landak yang bagus banget untuk diadopsi.  Yaitu cukup memilih 1 saja keunggulan bisnis kita, yang secara konsisten terus menerus diasah dan diekspos agar menjadi nilai tambah yang tidak tergantikan oleh kompetitor.
  6. Pentingnya networking.
  7. Product cycle serta bisnis cycle.  Pada tahap ini, qta diajak untuk mulai membayangkan exit strategy.  Maksudnya apakah kita akan selamanya dalam bisnis ini? yang harus disiapkan adalah pintu keluar yang baik, jadi lewat emergency door hanya karena sebagai owner kita tidak pernah mempersiapkan hal2 seperti ini.  Serta langkah2 penyelamatan jika sesuatu terjadi terhadap bisnis yang telah kita bangung bertahun-tahun.
  8. sistem cashflow & keuangan dengan rumusan 10:20:30:40. Maksudnya adalah total seluruhnya 100% dari net profit bisnis. 10% untuk sedekah (zakat 2.5%, sisanya bisa infak & sedekah), 20% untuk investasi jangka panjang, 30% utk investasi jangka pendek serta 40% utk bisnis development. Investasi yang dicontohkan adalah properti, logam mulia, reksadana syariah.

Nah makin sore, gw makin ga konsen.. hahahahaaha… BB udah lowbet, angin pantai sepoi2.. halah…

Acara dari jam 9 pagi ditutup jam setengah 7 malem.  full.. gw pun banyak dapet network baru nih.. ah senangnya.. semangat yukk mengejar omset 5M.. aamiin…

caiyo! caiyo!

About permatasuri

Dreamer, lovely wife, great bussiness women (will be!). Love to read and write, also organization activist. Travelling, Food lover, sometimes cooking. Insterested in craft, sewing, kniting. Marriege with Iman Sulaeman, a lovely guys, handsome and of course my angel.
This entry was posted in My biz and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s