ziarah; budaya dan agama

Assalamu’alaikum,

Salah satu kebiasaan yang selalu dilaksanakan oleh kebanyakan warga Indonesia adalah Ziarah kubur.  mulai dari ziarah ke makam keluarga dekat, sanak saudara, hingga para Iman.  Tidak harus kenal ketika hidup.  Caranya pun bisa bermacam-macam.

Hasil browsing saya, hukum ziarah kubur dalam islam:

Ziarah kubur adalah amalan yang sangat bermanfaat baik bagi yang berziarah maupun yang diziarahi. Bagi orang yang berziarah, maka ziarah kubur dapat mengingatkan kepada kematian, melembutkan hati, membuat air mata menetes, mengambil pelajaran, dan membuat zuhud terhadap dunia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرًا

“Dahulu aku melarang kalian untuk berziarah kubur, sekarang berziarahlah karena ziarah dapat melembutkan hati, membuat air mata menetes, dan mengingatkan akhirat. Dan janganlah kalian mengucapkan al hujr[13][14]

Dari artikel ‘Adab Islami Ziarah Kubur — Muslim.Or.Id

Keluarga saya, termasuk yg tidak mengharuskan untuk ziarah sebelum hari2 yg dianggap ‘baik’ untuk mendoakan di kuburan. Toh, doa kita akan sampai darimana pun mendoakannya.  Mungkin karena kuburan saudara kebanyakan di kampung halaman orang tua, sumatra barat.

Sejak kakak ke 2 saya meninggal, kami memulai ziarah.  Bagi saya sih ziarah ke makam uda sebagai pengobat rindu padanya.  Saya seperti bisa merasakan keberadaannya, dibandingkan ketika saya berdoa di rumah.

Sementara keluarga besar suami, Iman, masih melakukan ziarah kubur dengan rutin.

Hari pertama Idul Fitri, setelah sholat Ied, keluarga besar – lengkap dari uyut sampai cicit – melakukan ziarah.  3 makam yang wajib di ziarahi dengan lokasi lumayan jauh.  Hal yang sama juga dilakukan ketika lebaran Idul Adha.

 

Budaya dan ajaran agama telah membaur dengan harmonisnya.  ^.^

About permatasuri

Dreamer, lovely wife, great bussiness women (will be!). Love to read and write, also organization activist. Travelling, Food lover, sometimes cooking. Insterested in craft, sewing, kniting. Marriege with Iman Sulaeman, a lovely guys, handsome and of course my angel.
This entry was posted in gado-gado, My Fam and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s