Produsen produk fashion ~ RiLae Clothing

Selama ini semua produk KiosDelima adalah produk dari supplier. Jadi menciptakan produk sendiri dari awal adalah hal yang baru bagi saya. Banyak tantangannya, dan bahkan nyaris membuat saya putus asa. Ide ini sebenarnya sudah lama ada, tapi karena butuh belajar dari awal, sementara urusan bisnis yang lain masih menuntut perhatian, jadi yaa terbengkalai.

Saya akan cerita agak panjang tentang proses penciptaan RiLae ini. Semoga bermanfaat bagi sesama start up.

Nama produk (merk), awalnya agak alot nih dalam hal memilih nama.. hahahaha.. butuh wangsit, sepertinya nanti ketika punya baby ga akan sealot ini deh…😀 pinginnya yang mudah dilafalkan, diingat, ngasih kesan keren, plus unik.. sempet juga baca buku nama2 bayi hahahaa.. seperti merk luar Nail, Hammer, Salt n’ Pepper.. unik menurutku tapi ketika dijadikan bahasa Indonesia?.. hhmmm…. *gayakindeh

coret2an beberapa halaman, penggabungan antara doa, nama dan impian jadilah saya dan suami sepakat untuk menggunakan merk RiLae artinya agak narsis siiyy gabungan nama kami suRI dan suLAEman, yang ketika dibaca dlm bhs inggris Rely on gitu deh.. biar agak filsuf dikit😀 *senyumnarsis

Pendaftaran HAKI, walaupun usaha baru dan skala kecil bahkan mikro, pendaftaran hak paten itu wajib loh.. jangan menunggu besar dan terkenal dulu, salah2 nanti malahan dicaplok orang, tinggal kitanya aja yang menyesal  :'(

Awalnya, saya ikutan program gratis dari dinas perindag kota Depok, tapi setelah menunggu beberapa bulan tidak ada kejelasan, jadi curiga nih?!.. karena ga mau menunggu tanpa kepastian, saya putuskan untuk mendaftarkan merk dengan jalur berbayar… bisa cek ke http://www.dgip.go.id/paten utk detailnya ya..

Desain logo dan kemasan, logo adalah penting.. secara teori, logo bukan hanya simbol, tetapi logo adalah bentuk visual dari merk kita, logo merepresentasikan keseluruhan produk. Mengingat pentingnya memiliki desain logo yang bagus, mari kita serahkan urusan desain ini pada ahlinya😀 saya meminta bantuan teman yang memang usahanya jasa desain yaitu kang deden, desainginding.  Sok yang butuh sila hubungi belio ya.. saya minta diskon aza… hahahahahahaa….

Warna kuning dan biru, menjadi pilihan warna.  Kuning menggambarkan kreativitas, kehangatan cahaya mentari.. serta biru yg mewakili laut ataupun langit yg bermakna luas.. harapannya RiLae kan terus berkembang luas.. aamiin

Desain produk, harus sesuai dengan segmenting, targeting & positioning. Intinya ketika target market kita melihat produk ini, dia pasti suka dan beli! Bahannya cocok, desainnya sesuai selera, harganya pas dikatong si target market tadi…

Produksi:

belanja bahan baku,
saya mencoba untuk tidak terlalu bernafsu, sampai ditukang kain tuh… ngilerrr abiisss… suka banget, pengen buat macem2… nah, karena udah tau kelemahan saya disitu, makanya berangkat dengan membawa catatan detail utk produk awal dan uang pas2an… harus sesuai dgn tujuan, agar tidak banyak bahan yg terbuang. Kalo bisa sih sdh direncanakan juga perca/bahan sisanya mau diapain? Saya sudah menyiapkan 6 desain awal dengan 8 variasi warna. Macam2 warnanya pun sdh saya tentukan diawal, jadi tidak melenceng ke warna2 lain yg mungkin bgt ‘menggoda’ =)

produksi, QC produk
Setelah belajar plus bertanya ke bbrp senior produsen busana… saya memutuskan untuk bekerjasama dgn makloon dulu, tidak langsung membangun konveksi. Selain karena biaya awal yg besar, mengurusi penjahit juga perlu konsentrasi plus tenaga khusus. Saya jg kerja bareng kakak, agar bisa sama2 fokus. Kakak fokus di produksi, saya fokus dipemasaran, hal2 lainnya dikerjakan bareng. Alhamdulillah, sebagai keturunan padang murni, banyak saudara yg buka konveksi dan sudah terbiasa supply ke tanah abang. Sehingga bisa dipercaya untuk kerjasama😀

untuk bagian: sistem pemasaran aq share di post terpisah ya..

Paling enak sih kalo mau buat tuh pake bisnis kanvas generation atau biasa dikenal bisnis model. Itu loh yg mengisi 9 blok.. bisa baca ditulisan aq dulu: Building Business Model

About permatasuri

Dreamer, lovely wife, great bussiness women (will be!). Love to read and write, also organization activist. Travelling, Food lover, sometimes cooking. Insterested in craft, sewing, kniting. Marriege with Iman Sulaeman, a lovely guys, handsome and of course my angel.
This entry was posted in My biz and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

